Program Kerja Bidang HUMAS Periode 2012/2013



PROGRAM KERJA BIDANG HUMAS
UNIT KEGIATAN MAHASISWA ISLAM JAMAAH NURUL IMAN
PERIODE 2012-2013

MUQADDIMAH
Segala puji bagi Allah, Ilah yang wajib dan berhak disembah. Di tangan-Nya lah terletak segala daya dan upaya. Tidak ada kekuatan yang lebih besar selain kekuatan-Nya. Salam dan salawat kepada pemimpin dan tauladan umat manusia, Rasulullah, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya yang mulia. Juga kepada orang-orang saleh dan para mujahid yang setia memperjuangkan risalahnya.
TAUJIH ROBBANI
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

“Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah Menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah Menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah Memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu Menjaga dan Mengawasi kamu.”
(QS. An-Nisaa : 1)
DESKRIPSI KERJA
Tujuan                        : Membangun dan mengembangkan jaringan organisasi intern  maupun ekstern.
Sasaran                      : Anggota dan civitas akademika muslim INSTIPER Yogyakarta khususnya dan seluruh jaringan mahasiswa  muslim di Indonesia pada umumnya.
Arah                : Pencitraan organisasi.
Alternatif         : Pelatihan Jurnalistik, Buletin, Mading, Silakoh (silaturahmi tokoh), FSLDK, Leaflet, dan Tausyiah Message.

STRUKTUR KEPENGURUSAN BIDANG HUMAS
JOB DESC.
Sekretaris
Administrasi Bidang Humas seperti surat-menyurat, pengarsipan, resume syuro’, dll.
Sebagai wakil ketua bidang humas
Berkoordinasi  dengan sekretaris UKMI-JNI.
Bendahara
Pengelolaan keuangan bidang Humas
Mencari sumber dana bidang humas
Berkoordinasi dengan Bendahara UKMI-JNI
SUB BIDANG
Online Media
Optimalisasi NIC
Pencitraan di dunia maya
Offline Media
Pencitraan melalui Media Offline
Jaringan Internal
Pengeloaan Jaringan di Internal Campus
Jaringan Eksternal
Pengelolaan Jaringan di Eksternal Campus


PROGRAM KERJA

Online MEDIa

NETWORK ISLAMIC CENTRE
Tujuan            : Optimalisasi perluasan jaringan dan informasi di dunia maya.
Metode            : Blogging, Diskusi di Group FB, Posting Publikasi
Sasaran          : Anggota UKMI-JNI dan pengguna internet.
Waktu : Nopember 2012
SO S’RAM (SOSIALISASI PROGRAM)
Masalah          : Ada berbagai program yang menarik yang harus diketahui oleh Kader.
Tujuan            : Mensosialisasikan program-program yang ada agar kader juga turut berpartisipasi mencetak prestasi di dunia luar kampus.
Metode            : Sosialisasi dilakukan oleh pengurus yang telah berpengalaman atau meminta bantuan yang lebih berpengalaman.
Sasaran          : Anggota UKMI-JNI
Contoh            : PKM, PHBD, Info Beasiswa, Kompetisi, Turnamen, dll.
Waktu : Nop 2013 II
U-NEWS ( U’NYUS )
Tujuan            : Mempublikasikan hasil dari suatu kegiatan dan Berita ter-Update seputar UKMI-JNI ke dalam media Online.
Sasaran          : Seluruh anggota,  dan Alumni.
Arah    : Update Info terbaru seputar UKMI-JNI
Alt.       : FB Note, Blog Post, VivaBlog, Web INSTIPER
AUDIO KAJIAN
Tujuan            : Mengarsipkan rekaman tausyiah dari suatu kajian dan memudahkan pengguna internet ketika ingin mendengarkannya.
Metode            : Merekam kajian dan mengupload audio ke dalam media penyimpanan online.
Sasaran          : Pengguna internet dan anggota hingga alumni UKMI-JNI.
Contoh            : Rekaman KASURE, Kajian Spesial, PHBI, Up-Grading, dll.

Offline media

PUBLIKASI BULANAN
Tujuan            : Efisiensi waktu dan biaya dalam pembuatan publikasi agar keistiqomahan dalam pelaksanaan kegiatan dapat dioptimalkan karena jadwal rutin bulanan jelas.
Metode            : Pembuatan publikasi kajian untuk agenda selama 2 bulan atau agenda rutin lainnya dan dipublikasikan ke berbagai tempat.
Sasaran          : Perluasan peserta kajian.
Contoh            : KASURE edisi 2 bulan
TRAINING MEDIA
Masalah          : Kurangnya skill anggota UKMI-JNI terhadap perkembangan media.
Tujuan            : Meningkatkan kemampuan anggota UKMI-JNI dalam pembuatan media.
Metode            : Pelatihan pemanfaatan beberapa software pembuatan media dan peningkatan kapasitas pemahaman anggota tentang urgensi media.
Sasaran          : Anggota UKMI-JNI
Contoh            : Pembuatan poster, video profil, spanduk, dll.
Waktu : Feb 2013 IV
PERNIK UKMI-JNI
Tujuan            : Optimalisasi syiar media melalui pernik-pernik UKMI-JNI.
Metode            : Pembuatan Pin, Stiker, Kartu ucapan, ganci, dll
Sasaran          : Civitas akademika kampus.

SERAGAM UKMI-JNI
Tujuan            : Adanya seragam yang menunjukkan identitas keanggotaan UKMI-JNI dan membangun citra yang baik tentang UKMI-JNI agar UKMI-JNI semakin dikenal.
Metode            : Pembuatan seragam UKMI-JNI berupa baju muslim modern yang trendy dan nyaman ketika digunakan di kampus yang digunakan sesuai hari yang telah disepakati.
Sasaran          : Citra baik UKMI-JNI.
KOTAK ASPIRASI
Tujuan            : Menyediakan sarana penampung aspirasi dan ide-ide cemerlang demi UKMI-JNI yang semakin baik dari civitas akademika kampus INSTIPER.
Metode            : Pembuatan kotak aspirasi yang diletakkan di sekitar masjid.
Sasaran          : Bahan evaluasi UKMI-JNI

MAJALAH LIPAT
Tujuan            : Syiar media melalui tulisan-tulisan bermanfaat dan media promosi untuk menarik sponsor agar tertarik untuk berinvestasi.
Metode            : Pembuatan majalah yang terbit setiap 1 bulan sekali atau menyesuaikan kebutuhan.
Sasaran          : Sponsorship, Civitas Akademika Kampus, Masyarakat sekitar kampus.
Content          : Tulisan dari pengurus, kisah motivasi, informasi terbaru, tulisan dari orang lain.

MAJALAH DINDING
Tujuan            : Optimalisasi mading dengan pengelolaan dan pengontrolan yang intensif.
Metode            : Pengontrolan setiap pekan dan update isi mading secara intensif setiap seminggu sekali.
Sasaran          : Civitas akademika kampus dan pengunjung masjid.
Content          : Kisah motivasi, info update, resume kegiatan, publikasi, puisi, Humor Sufi, Pengetahuan Umum,  Sirah Sahabat/nabawiyah, Tips dan Trick.


SALAM SUPER UKMI-JNI
Tujuan            : Memfasilitasi anggota atau masyarakat kampus jika ingin menyampaikan salam-salam semangat bagi rekan, kerabat, atau orang-orang dekatnya.
Metode            : Penerimaan SMS salam melalui Call Center UKMI-JNI dan meng-update-nya setiap seminggu sekali.
Sasaran          : Masyarakat kampus.
Content          : SMS Semangat, Salam Sukses, no Galau no Cry.
Waktu             : Oktober 2012 IV
VIDEO PROFIL UKMI-JNI
Masalah          : Belum adanya media promosi yang baku tentang UKMI-JNI.
Tujuan            : Mengenalkan UKMI-JNI melalui sebuah video yang berisi tentang deskripsi, fungsi, agenda-agenda, feedback, dan ruang lingkup UKMI-JNI.
Metode            : Pengumpulan data dan bahan-bahan yang diperlukan seperti foto kegiatan, feedback, dll
Sasaran          : Anggota baru UKMI-JNI dan organisasi lain.
Contoh            : Selayang pandang UKMI-JNI.
SINGKAT MEDIA
Tujuan            : Membuat pesan singkat di mading atau tempat-tempat strategis yang sesuai agar pesan yang terulang-ulang selalu diingat pembacanya.
Metode            : Pembuatan pesan/nasehat singkat melalui sebuah stiker atau sejenisnya.
Sasaran          : Masyarakat kampus
Content          : Pesan untuk rajin beribadah, pepatah bijak, kata-kata hikmah, nasehat, dll.



Jaringan internal

FORUM ISLAMIC SOLUTION
Tujuan            : Membangun silaturrahiim yang baik antar anggota UKMI-JNI yang juga aktif di organisasi kemahasiswaan lain dan sebagai wadah sharing pihak-pihak yang berkepentingan agar peran mereka optimal dalam menyampaikan risalah da’wah.
Metode            : Mengadakan pertemuan secara rutin 1-2 bulan sekali atau di waktu-waktu yang mendesak.
Sasaran          : Solusi dari berbagai masalah di beberapa organisasi.
Content          : Pembahasan masalah-masalah terhangat yang membutuhkan perhatian dari UKMI-JNI.
Contoh            : OKKABUN, Ekspo UKM, dll.


SILADOS (silaturrahiim dosen)
Tujuan            : Pendekatan kepada dosen-dosen INSTIPER dan membangun silaturrahiim yang baik antara UKMI-JNI dan dosen serta mendengarkan masukan-masukan dari dosen demi UKMI-JNI yang lebih baik.
Metode            : Silaturrahiim oleh pengurus bidang humas yang telah ditugaskan rutin setiap 2 minggu sekali 5 dosen yang dikunjungi untuk dimintai masukan dan ditulis.
Sasaran          : Citra UKMI-JNI di mata para dosen.
Content          : Masukan terhadap kinerja dan agenda UKMI-JNI dan wujud kepedulian UKMI-JNI kepada dosen.
Jaringan eksternal

PENGELOLAAN JARINGAN LDK EKSTERNAL
Tujuan            : pengelolaan jaringan yang telah dibangun oleh UKMI-JNI dengan LDK Eksternal.
Metode            : Menjaga, mengontrol, dan memanfaatkan jaringan yang telah dibangun dengan senantiasa menanyakan informasi-informasi dan kabar ter-Update tentang keadaan LDK di Indonesia.
Sasaran          : LDK Eksternal (IMMPERTI, JIMMKI, KAMMI, FSLDKD, FSLDKN.
Content          : Isu dunia dan keumatan, informasi terbaru, dan turut berpartisipasi pada event-event nasional.



SPONSORSHIP
Tujuan            : Memperluas sumber pendanaan UKMI-JNI dan menjadikan UKMI-JNI lebih mandiri lagi dari segi finansialnya.
Metode            : Pembuatan media promosi yang menarik dan menawarkan proposal kerjasama ke berbagai jenis sponsor.
Sasaran          : Kemandirian LDK.
Content          : Video Profil, Majalah/Bulletin, feedback, donatur.



SAFARI LDK
Tujuan            : Membangun silaturrahiim yang baik antar LDK di Indonesia dan di Yogyakarta khususnya serta sebagai ajang sharing antar LDK yang membicarakan tentang gambaran dari berbagai kondisi LDK yang ada.
Metode            : Kunjungan dilakukan oleh pengurus dari bidang humas dan ditemani oleh PH lainnya secara rutin setiap 2 minggu sekali dengan LDK yang berbeda-beda.
Sasaran          : LDK di Yogyakarta dan sekitarnya.



BAKTI SOSIAL
Tujuan            : Wujud kepedulian UKMI-JNI kepada masyarakat yang kurang mampu dari segi finansial dan kebutuhan hidup.
Metode            : Sumbangan dari warga dan masyarakat kampus diserahkan kepada masyarakat yang akan diberi sumbangan. Selain itu, dana juga berasal dari sponsorship.
Sasaran          : Masyarakat yang kurang mampu.
Januari 2013 II dan Agustus 2013 IV

DESA BINAAN
Tujuan            : Bentuk pengabdian UKMI-JNI kepada masyarakat.
Metode            : Pencarian sumber dana dan desa yang akan dibina.
Sasaran          : Desa yang memerlukan binaan di sekitar Yogyakarta.

ISLAMIC FAIR
Tujuan            : Penggalangan dana dan media promosi UKMI-JNI kepada masyarakat luas.
Metode            : Bazaar Buku, Tanaman Pertanian, Busana Muslim di area sekitar masjid.
Sasaran          : Citra dan sumber dana UKMI-JNI.
Content          : Bazaar, Bedah Buku, dll
Waktu : September 2013 II
CALL CENTER
Masalah          : Pelayanan by phone belum optimal.
Tujuan            : Memudahkan organisasi lain atau perseorangan ketika akan menghubungi UKMI-JNI dan memudahkan penyebaran informasi melalui SMS.
Metode            : Menyediakan Call Center organisasi yang telah dibakukan dan menyertakan Call Center UKMI-JNI setiap sms yang dikirimkan.
Sasaran          : Anggota UKMI-JNI, UKM/Kelembagaan lain, LDK lain, Civitas Akademika kampus, dll.
Contoh            : Menerima dan menyebarkan informasi.
Waktu             : Oktober 2012 III
SILAKOH (silaturrahiim tokoh)
Masalah          : Perlu adanya silaturrahiim yang intensif antara anggota kepada tokoh-tokoh yang ada.
Tujuan            : Mempererat ukhuwah antara tokoh dan anggota UKMI-JNI dan memberikan motivasi kepada anggota agar lebih semangat lagi untuk terus meningkatkan kapasitas dirinya.
Metode            : Silaturrahiim kepada tokoh-tokoh yang telah ditentukan secara bertahap dan intensif setiap sebulan atau dua bulan sekali yang telah terjadwal.
Sasaran          : Anggota UKMI-JNI.
Contoh            : Silaturrahiim kepada Ustadz, Alumni, Dosen, dll.
Waktu : Desember – 2012 I
PENDATAAN CP
Masalah          : Belum adanya CP dari beberapa jaringan yang telah dibangun oleh UKMI-JNI.
Tujuan            : Memudahkan UKMI-JNI ketika akan menghubungi pihak yang dibutuhkan dan penyebaran informasi serta jaringan semakin luas.
Metode            : Silaturrahiim, pengumpulan database.
Sasaran          : Database UKMI-JNI
Contoh            : CP UKM/Kelembagaan, Ustadz, Alumni, Humas LDK lain, dll.
Waktu : Oktober 2012 IV
JALAN BARENG
Masalah          : Belum adanya fasilitator anggota ketika akan melakukan kunjungan terhadap suatu event atau kegiatan menarik di luar kampus.
Tujuan            : Memfasilitasi anggota ketika ingin melakukan kunjungan ke suatu tempat agar ukhuwah antar anggota semakin kuat.
Metode            : Penginfoan melalui SMS dan mengajak seluruh anggota yang memang bersedia tanpa adanya paksaan.
Sasaran          : Ukhuwah diantara anggota.
Contoh            : Islamic Fair, Pameran Komputer, Pameran Budaya, Kunjungan Wisata Budaya, dll.