10 Wasiat Bermanfaat dari Hasan Al-Banna


Hasan-Al-BannaMotivasi dalam menjalani kehidupan senantiasa harus kita cari dan kita perbarui setiap waktu, agar kita sebagai seorang pribadi mukmin sejati senantiasa berada di jalan illahi. Bukan berarti kita sudah sering memiliki banyak ilmu, lantas kita sudah berhenti untuk menimba ilmu, karena di atas langit masih ada langit. Tak usah kita berbangga diri dengan keilmuan kita yang hanya sedikit saja. Teruslah haus dan butuh dengan yang namanya ilmu, karena semakin banyak ilmu semakin besar motivasi kita untuk terus menegakkan kalimah Laa illaha illallah… Berikut ini 10 wasiat dari Imam Syahid Hasan Al-Banna, semoga dapat menjadi nasehat dan dapat menjadi renungan serta dapat diamalkan.

1.Dalam kondisi bagaimanapun, segera dirikanlah shalat ketika mendengar adzan.

2.Baca atau dengarkanlah Al-Quran dan Ingatlah Allah.

3.Jangan Kau habiskan waktumu pada hal-hal yang tidak berguna.

4.Berusahalah untuk bisa berbicara dengan bahasa Arab secara fushah (baik), sebab itu termasuk dari pembelajaran Islam.

5.Jangan banyak berdebat dalam setiap urusan bagaimanapun bentuknya, sebab pamer kepandaian dan riya’ itu tidak mendatangkan kebaikan sedikitpun.

6.Jangan banyak tertawa, karena hati yang selalu berinteraksi dengan Allah adalah hati yang tenang dan khusyu’.

7.Jangan banyak bergurau karena umat yang gigih berjuang tidak mengenal selain kesungguhan.

8.Jangan mengeraskan suara melebihi yang dibutuhkan oleh pendengar, sebab itu merupakan kecerobohan dan menyakitkan orang lain.

9.Jauhi dari menggunjing orang dan menjelek-jelekkan kelompok atau organisasi, dan jangan membicarakannya kecuali kebaikan saja.

10.Kenalkan dirimu pada saudara-saudaramu seiman dan seperjuangan walaupun engkau tidak diminta, sebab azas da’wah kita adalah mahabbah (kecintaan) dan saling mengenal. Ketahuilah kebaikan itu lebih banyak dari pada waktu yang terbuang.