Tips Agar Proposal PKM Diterima


Berawal dari mengikuti seminar kewirausahaan yg diadakan oleh KAMMI di kampus ku, aku pun menjadi tahu bahwa kita mahasiswa tidak hanya sebatas terpenjara dalam segitiga bermuda yg terus-terusan seperti itu...

.......Kosan..........
....../_____\.........
...../_______\.........
Warung________Kampus


Ternyata kita sangat perlu mengembangkan diri di luaran sana, paling tidak mengupgrade diri kita menjadi pribadi yg proaktif dan tidak hanya terkungkung pada aktivitas akademik saja.

Para penyampai materi secara keseluruhan dulunya adalah mahasiswa dan mereka sukses bukan karena mereka mempunyai IP tinggi di kampus, namun lebih dari itu, mereka mengembangkan diri mereka melalui aktivitas kewirausahaan yg awalnya hanya iseng belaka. Sebut saja Akh 'T.N. ', beliau merupakan seorang pemuda dengan semangat tinggi.
Dengan segala keterbatasannya, orang tua beliau tetap membiayai beliau, namun beliau memiliki keinginan kuat utk mandiri sehingga dari SMA saya sdh mulai bekerja. 
Namun, karena kegigihan dan semangatnya, ia mampu membiayai SMA nya sendiri meskipun terkadang orang tuanya masih membantu sedikit-sedikit. Namun, meskipun demikian, ia sangat malu jika harus membebani orang tuanya untuk membiayai sekolahnya itu. Usahanya berawal ketika ia menginjak SMA kelas 3 kalau tidak salah, ia seringkali pulang terlambat karena harus mampir ke Lab komputer untuk belajar bahasa pemrograman dan semuanya tentang komputer. Memang sudah menjadi hobinya mungkin, sehingga menjalaninya bukanlah merupakan suatu beban. Ia mempelajarinya tanpa dibimbing oleh guru, sehingga bisa dikatakan Beliau ini otodidak.

Singkat Cerita, karena hobinya ini lama-kelamaan ia mulai mengerti dan memahami luar dalamnya komputer. Beliau pun memulai usahanya dengan menggunakan uang tabungannya yg katanya dulu sudah terkumpul 3juta rupiah. Uang cukup besar baginya sangat itu. Namun ternyata Allah sepertinya belum ingin melihat Akh Teduh memiliki usaha sendiri, beliau ditipu orang dan uangnya dibawa kabur orang sebesar 1,6 juta. 50 persen dari tabungannya yg sudah ia kumpulkan sekian lama.

"Sakit karena terjatuh?"

Tentunya demikian, namun Akh T.N. tak selesai sampai disitu. Ia menggunakan sisa uangnya untuk membuka rental komputer dan sekaligus Servis software atau semacamnya, Bukan komponen2nya, tapi servis tentang program-progam. Semacam itulah.
XD
Beberapa tahun berlalu, seiring berjalannya waktu, Bisnis nya semakin berkembang dan sudah membuka beberapa cabang warnet di beberapa tempat. Dan hebatnya, entah seberapa pesat usahanya berkembang, Ia sudah mempunyai mobil dan berkeluarga.
-kagum-
Singkat cerita, kemudian Beliau Kuliah di Kampus ku dan saya mulai mengenalnya ketika pelatihan di salah satu UKM di tempatku. Ternyata ia masih ingin melanjutkan S1-nya yang katanya dulu sempat tertunda karena ada agenda keliling Dunia.

FYI, Akh T.N. ini pernah kerja di beberapa Benua, yaitu Eropa dan Amerika. Beliau pernah mendapatkan kontrak kerja di Kanada.

Berawal dari motivasi dan inspirasi yg ditularkan oleh Akh Teduh serta dari seminar Kewirausahaan yg Saya ikuti. Saya merasa ingin seperti mereka yg menjadi mahasiswa yang tidak 'biasa-biasa saja'.

DARI Seminar tersebut, saya memperoleh informasi bahwa jika kita ingin mempunyai usaha, ternyata pemerintah sangat mendukung. Salah satunya ialah adanya 'PKM' ( Program Kreativitas Mahasiswa ), yaitu merupakan sebuah program yang mendukung mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya di luar dari bidang akdemisnya.

Jika kalian membaca kisah-kisah sukses mereka yang lolos dari program ini, kalian pasti tergiur untuk menyelam ke dalamnya...

Dengan adanya PKM ini, Kita sbg mahasiswa dapat memperoleh Biaya dari Proposal yang kita ajukan dan kita tidak perlu mengembalikan dana tersebut alias kita diberi dana 'GRATIS'. Namun tentunya, ada kontrol dari pihak pemberi dana agar dana yang diberikan tidak digunakan main-main. Namun, FYI saja, ada ribuan saingan yang harus Kalian hadapi untuk memperoleh dana dari mereka.

2011 Lalu, Saya mengajukan PKM jenis Kewirausahaan ke Dikti tentang "Budidaya Sayuran Organik secara Vertikultur". Dan Alhamdulillah sekitar bulan Januari Lalu dapat kabar kalau Proposal ku diterima dan lolos Kriteria. Ternyata tidak sia-sia dulu bela-belain ngehabiskan uang untuk Jilid ulang dan fotocopy sendiri padahal kondisi sedang kantong kering. Ambil Hikmahnya sajalah.

Tak disangka-sangka, ternyata dari puluhan Tim yang mengajukan dari Kampusku, ternyata Proposal saya termasuk yang diterima. Ada 3 Proposal yang diterima kalau tidak salah Informasi.

Dan Alhamdulillah, kemarin dananya sudah cair namun hanya 70% dari dana yang diberikan serta telah dikurangi 15% potongan dari Kampus kalau tidak salah.
-galau-

Agak bingung juga 15% itu potongan apa saya juga tidak tahu. Tapi menurut Saya itu cukup besar untuk dana sekecil itu. Dana yg saya ajukan 5,25 juta namun yang diterima 5juta. Meskipun demikian, tetap harus disyukuri karena dapat bantuan dana dari mereka.
-gege-

Mungkin sedikit Tips dari saya agar PKM yang diajukan diterima,

1. Buatlah Proposal sejelas mungkin dan usahakan jangan terlalu banyak angan-angan tapi perencanaan yang matang itu sangat perlu. Seperti misalnya, saya nanti ingin membangun mebel dengan untung yang 'melipat' setiap tahunnya.
2. Gunakan bahasa yang rapi dan usahakan sesuai EYD serta format proposal usahakan rapi dan sesuai dengan format.
3. Tambahkan beberapa perencanaan yang semakin meyakinkan mereka seperti Analisis SWOT, kondisi di lapangan, dan peluang di pasaran.
4. Usahakan proposal yang Anda ajukan didasai dengan Hobi dan pengalaman Anda. Semakin bagus lagi kalau proposal yang diajukan mendukung Study yang diambil. Namun tidak juga tidak apa-apa.
5. Yang terpenting adalah, mintalah doa restu orang Tua, teman, saudara dan orang-orang yang mau mendoakanmu dengan tulus Ikhlas, dan teruslah berdoa pada Allah SWT.

Akhirul kalam, mungkin itu saja dari saya, Maaf kalau tulisannya belepotan dan tidak rapi. Jika ada yang ingin melihat Proposal saya, bisa dilihat
DISINI -> pilih PKM Verti-Organik.zip
-pis-